input output

on Kamis, 22 November 2012

INPUT OUTPUT
1.      INPUT
Unit ini berfungsi untuk memasukan data daru luar kedalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
Jenis-jenis input dan fungsinya;
a.       Keyboard. Keyboard merupakan unit input yang digunakan sebagai mesin ketik.Tanpa keyboard komputer tidak bisa digunakan untuk melakukan kegiatan seperti mengetik dan membuat program, bisa di bilang keyboard merupakan inputan penting.

b.      Mouse. Mouse digunakan untuk perpindahan kursor, memberikan perintah secara praktis praktis. Arah gerak pointer dimonitor selalu sesuai arah gerakan mouse, sedangkan bentuk tampilan pointer di monitor selain tergantung objek yang ditunjukan ke layar juga tergantung setting yang kita tentukan. Pointer bisa kita tentukan sendiri dengan memiliki sebuah aplikasi cursor.

c.       Scanner. Scanner digunakan unutk membacateks yang ada di lembar kertas seeprti buku,majalah, atau lainnya kedalam computer. Sebagai contoh ketika seseorang ingin bekerja di suatu tempat,tetapi udah mempunyai surat lamaran di tempat lain,kita tinggal memasukan ke scanner dan merubah apa yang perlu dirubah

d.      Barcode. Barcode digunakan untuk membaca label data suatu barang yang berbentuk garis2 tebal hitam putih

e.       Joystick. Joystick digunakan unutk permainan dalam komputer. Joystick ini berbentuk tongkat.


2.      OUTPUT
Unit ini berfungsi untuk menampilkan informasi dari komputer. Peralatan yang sering digunakan adalah monitor,printer, dan speaker.
a.       Monitor. Monitor digunakan untuk menampilkan teks atau gambar yang sebelum diproses oleh VGA (video graphic adapter). Tanpa monitor kita tiidak bisa menampilkan inputan.
Ada beberapa type monitor yang perlu kita kenal di antaranyaberikut ini:
1)      Type CGA dengan resolusi 600 X 200 pixel dan kecepatannya 15.720 Khz
2)      Type EGA dengan reolusi  640 X 350 pixel dan kecepatannya 21. 850 Khz
3)      Type VGA dengan reolusi  640 X 480 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
4)      Type SVGA dengan reolusi  800 X 600 pixel dan kecepatannya 35.200 Khz
5)      Type XGA dengan reolusi  1024 X 768 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz

b.      Speaker. Speaker ini biasanya digunaKan untuk mengeluarkan suara(mp3,mp4,wav dll) yang sebelumnya diproses oleh sound card dan speaker ini digunakan dalam komputer berbasis windows atau multimedia

c.       Printer. Printer di gunakan untuk mencetak dan menggandakan suatu data berupa dokumen word maupun gambar yang kemudia di cetak dengan kertasdan dinamakan hard copy.

0 komentar:

Posting Komentar