sistem geografi

on Kamis, 29 November 2012

Sistem Informasi Geografi
Geografi merupakan laporan megenai kejadian-kejadian yang saling mengiringi yang terjadi pada suatu daerah. Geografi ini bersifat diskriptif. Lain halnya dengan sejarah bersifat naratif. Jadi bisa diibaratkan bila sejarah tanpa geografi seperti roh tanpa tubuh yang bergentayangan. Geografi merupakan satu-satunya ilmu yang memiliki kemampuan untuk berperan dalam berbagai jenis ilmu pengetahuan yang ada di muka bumi. Hal ini disebabkan karena elemen geografi adalah bumi dan isinya sehingga semua kejadian di muka bumi ini dapat dikaitkan dengan ilmu geografi.
Mengapa harus mempelajari geografi ?
Ada empat alasan mengapa perlu mempelajari geografi, (1) alasan eksistensi manusia di bumi; (2) alasan etika ; (3) alasan mengembangkan intelektual; (4) alasan praktis. Pembelajaran geografi sangat penting untuk memahami (1) ketimpangan distribusi sumberdaya alam; (2) meluruskan pandangan tentang pengetahuan yang sifatnya pragmatis; (3) advocay pendekatan deduktif-prediktif; (4) berguna bagi memahami masalah-masalah kemanusiaan di dunia. Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai suatru bangsa, mengenal berbagai potensi suatu daerah atau negara, mengobarkan semangat perjuangan, memahami permasalaham yamg aktual berkembang disekitar anak didik; peningkatan taraf hidup melalui pengenalan dan pemanfaatan sumberdaya; memberikan wawasan global, baik dalam bentuk peluang maupun memberikan ketrampilan dalam membuat dan membaca informasi kebumian.
Sistem informasi geografis merupakan sistem informasi khusus mengelola data yang memiliki informasi spesial (berreferensi keuangan) atau dalam arti sempit adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya dalam sebuah database. Manfaat sistem informasi geografis secara umum memberikan  informasi yang mendekati kondisi dunia nyata, memprediksi suatu hasil dan perencanaan strategis.
Komponen pendukung sistem informasi geografis terdiri dari lima komponen yang bekerja secara terintegrasi yaitu :
1.      Perangkat keras (hardware).  Merupakan perangkat-perangkat fisik  yang merupakan bagian dari sistem komputer yang mendukung analisis geografi dan pemetaan.
2.      Perangkat lunak (software). Digunakan untuk melakukan proses penyimpanan, menganalisa, memvisualkan data-data baik data spasial maupun non-spasial
3.      Data. Pada prinsipnya terdapat dua jenis data untuk mendukung sistem informasi geografis yaitu :
A.    Data spesial adalah gamabran nyata suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi. Umumnya berupa grafik dalam bentuk koordinat (x,y) atau dalam bentuk image (raster yang memiliki nilai tertentu.
B.     Data non spasial adalah data  berbentuk tabel dimana tabel tersebut berisi informasi-informasi yang dimiliki oleh obyek data dalam spasial.
4.      Manusia merupakan inti elemen dari sistem informasi geografis karena manusia adalah perencana dan pengguna dari sistem informasi geografis. Penggunaan sistem informasi geografis mempunyai tingkatan seperti pada sistem informasi lainnya, dari tingkat spesial teknis yang mendesain dan mengelola sistem sampai pada pengguna yang merupakan sistem informasu geografis untuk membantu pekerjaan sehari-hari.
5.      Metode  yang digunakan dalam sistem informasi geografis akan berbeda untuk setiap permasalahan. Sistem informasi geografis yang baik tergantung pada aspek desain dan aspek realnya.

Contoh-contoh sistem informasi geografis :
1.      Bidang telekomunikasi digunakan untuk manajemen inventarisasi jaringan telekomunikasi, perencanaan jaringan tahun berikutnya, seperti halnya penentuan letak sentral
2.      Bidang lingkungan mencakup perencanaan sungai, danau, laut evaluasi pengendapan lumpur,pemodelan pencemaran udara, limbah berbahaya dsb.
3.      Bidang kesehatan mencakup penyediaan data atribut dan spesial yang menggambarkan distribusi penderita suatu penyakit, pola penyebaran penyakit, distribusi unit kesehatan dsb.

Referensi
id.wikipedia.org
http://sapoelidie.webatu.com/sistem_informasi_geografis.php

0 komentar:

Posting Komentar