sistem akuntansi

on Senin, 26 November 2012

 Sistem informasi akuntansi
Akuntansi merupakan pengukuran, penjabaran atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan didalam perusahaan, organisasi dan lembaga pemerintahan. Akuntasi sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan karena untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh manajer, pengambilan kebijakan dan pihak berkepentingan lainnya seperti pemegang saham, kreditur atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam hal ini disebut pembukuan.
Adapun pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi adalah
1.      Para pemilik dan calon pemilik perusahaan beerkepentingan untuk mengetahui perkembangan keuangan perusahaan.
2.      Para pengelola perusahaan  para manajer dan jajaran direksi. Bagi pengelola perusahaan akuntansi digunakan untuk bahan analisis dan interprestasi dalam melakukan evaluasi atas kegiatan dan pencapaian hasil yang direncanakan perusahaan.
3.      Para pegawai atau karyawan perusahaan berkepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan. Hal ini dihubungkan dengan hak-hak pegawai dalam bidang pengajian, gratifikasi atau pun bonus, serta untuk kesejahteraan masyarakat
4.      Para investor menginvestikan modalnya untuk perusahaan-perusahaan, untuk keamanan investasinya harus terlebih dahulu mengetahuikemampuan perusahaan yang bersangkutan

Sistem informasi akuntansi mempunyai beberapa sistem-sistem bagian yang berupa siklus-siklus akuntansi, yaitu :
1.      Siklus pendapatan (revenue cycle)
2.      Siklus Pengeluaran kas (conversion cycle)
3.      Siklus manajemen sumber daya manusia (human resource management cycle)
4.      Siklus buku besan dan pelaporan keuangan (general ledger and financial reporting cycle)
Siklus akuntansi menunjukan prosedur akuntansi dari sumber data sampai ke proses pencatatan atau pengelolaan akuntansinya. Siklus pendapatan merupakan prosedur pendapatan dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, pengiriman barang, penagihan sampai penerimaan kas. Siklus pengeluaran kas  merupakan prosedur pengeluaran kas dari proses pembelian sampai ke proses pembayarannya. Siklus konversi  merupakan siklus produksi dari bahan mentah sampai kebarang jadi. Siklus ini termasuk kategori akuntansi biaya. Siklus manajemen sumber daya manusia melibatkan prosedur  berupa prosedur pengajian siklus buku besar dan pelaporan keuangan berupa prosedur pencatatan atau perekaman kejurnal dan buku besar dan pencetakan laporan-laporan keuangan yang datanya diambilkan dari file buku besar.
            Siklus akuntansi merupakan prosedur  yang juga berfungsi sebagai penghubung (interface) antara fungsi-fungsi di organisasi. Sebagai penghubung (interface), Siklus-siklus akuntansi akan membawa output dari suatu fungsi menjadi input ke fungsi lainnya, termasuk fungsin akuntansi.
            Secara singkat akuntansi menghasilkan informasi keuangan. Informasi keuangan tersebut dijabarkan dalam suatu fornat atau bentuk tertentu yang kemudian di kenal dengan laporan keuangan untuk mendukung pembaca. Laporan keuangan memahami apa yang tercantum. Disana dibutuhkan suatu pedoman. Pedoman ini berguna agar penyajian informasi seragam dan konsisten
            Akuntansi merupakan bahasa bisnis. Akuntansi menyediakan cara untuk menyajikan dan meringkas kejadian-kejadian bisnis dalam bentuk informasi keuangan kepada para pemakainya. Dari definisi akuntansi ini, maka Sistem informasi akuntansi merupakan sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menajdi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
            Sistem ini menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasiperusahaan dengan lignkungan sekitarnya. Juga bertugas mengumpulkan data yang menyelesaikan kegiatan perusahaan, mengubah data-data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan bagi pemakai di dalam maupun diluar perusahaan. Selain itu sistem informasi akuntasi adalah satu-satunya SIBK yang bertanggung jaawab memenuhi kebutuhan informasi diluar perusahaan. Imformasi akuntasi yang dihasilkan oleh sistem informasi akuntasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
1.      Informasi akuntansi keuangan merupakan informasi yang berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.
2.      Informasi akuntansi manajemen berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan unsur-unsur yang dapat mempengaruhi penerapan sistem informasi akuntansi dalam perusahaan

Referensi
HM, Jugiyanto. 2003. sistem teknologi informasi. Yogyakarta: ANDI .

0 komentar:

Poskan Komentar