SISTEM
INFORMASI PEMASARAN
Sistem informasi
pemasaran (SIMPEM) atau marketing information system (MKTIS) merupakan sistem
informasi yang ditekan difungsi pemasaran. SIMPEM mempunyai 6 komponen yang
sama dengan sistem informasi secara umum yaitu input, model, output, basis
data, teknologi dan kontrol. Perbedaan komponen-komponen ini antar
sistem-sistem informasi lainnnya adalah konteks letak dan sistem informasinya.
1.
Komponen
output pemasaran
Lima kelompok informasi umumnya
semuanya dibutuhkan oleh manajemen difungsi pemasaran. Kelompok output lebih
kenal dg istilah 4P dan 1 integration mix. Keempat P adalah
a. Product (produk)
berhubungan dengan informasi tentang produk yang dijual oleh perusahaan
b. .promotion (promosi) merupakan sistem
pengiklanan produk
c. Place (tempat)
berhubungan dengan informasi tentang jaringan distribusi pemasarannya.
d. Price (harga) merupakan
informasi yang berguna bagi manajer untuk menentukan dan menganalisis harga
dari produk
e. Gabungan integrasi (integration
mix) berguna bagi manajer untuk membuat strategi yang
menggabungkan keempat spek pemasaran tersebut (misalnya informasi tentang
peramalan penjualan membutuhkan informasi produk, tempat, promosi dan harga
praakiraannya
2.
Komponen
model pemasaran
Model ini digunakan untuk
menghasilakan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian
sistemnya. Model di sistem informasi banyak digunakan unutk menghaislkan
laporan untuk keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk,
evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan
produk lama, penunjukan salesman,
penentuan rute pengiriman yang plaing optimal, pemilihan media iklan yang
paling efektif dan untuk persetujuan kredit.
3.
Komponen
basis data pemasaran
Basis data pemasaran dibutuhkan
untuk menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua manajer
pemasaran. Basis data ini dibentuk dari input yang dimasukan ke sistem
informasi ini. Basis data pemasaran ini terdiri dari riset pemasaran, data
eksternal pemasaran dan data keuangan pemasaran sebagai berikut ini
File di Basis data pemasaran
Nama file
basis data pemasaran
|
Sumber data
|
Perilaku konsumen
|
Riset pemasara
|
Kebutuhan konsumen
|
Riset pemasara
|
Data pesaing
|
Eksternal (intellegent)
|
Peraturan pemerintah
|
Eksternal (intellegent)
|
Kondisi ekonomi
|
Eksternal (intellegent)
|
Transaksi penjualan
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Piutang dagang
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Back order
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Data pelanggan
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Data salesmen
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Data distributor
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
Retur penjualan
|
Sistem Informasi Akutansi- Siklus
Pendapatan
|
4.
Komponen
input pemasaran
Untuk menghasilakn informasi yang
dibutuhkan basis data harus dirancang dan diisi data-datanya. Data dari sistem
informasi pemasaran diperoleh dari dua sumber, yaitu ;
a. Sumber Internal
terdiri dari dua bagiannya yaitu data keuangan dan data non-keuangan. Data
keuangan sudah disimpan di baisis data akutansi dalam sistem TPS dan tidak
perlu dikumpulkan lagi oleh sistem informasi pemasaran
b. Sumber eksternal dibutuhkan
untuk informasi-informasi manajemen tingkat atas. Sumber data pemasaran
eksternal disebut juga dengan marketing
intelligent data. Data pemasaran eksternal berhubungan dengan data pesaing,
industri, aturan-aturan pemrintah. Data ekstrernal dapat dilihat dari pihak
lain yang menjual basis data baik secara off-line atau on-line atau dapat
dikumpulkan sendiri oleh pihak perusahaan.
Referensi
HM, Jugiyanto. 2003. sistem teknologi informasi. Yogyakarta : ANDI.
Referensi
HM, Jugiyanto. 2003. sistem teknologi informasi. Yogyakarta : ANDI.
0 komentar:
Posting Komentar